Senin, 01 November 2010

open office writer

Mungkin anda pernah mengalami kejadian ini. Anda pengguna GNU/Linux sedangkan teman anda pengguna Microsoft Windows. Sewaktu melakukan pengetikan pasti anda menggunakan program OpenOffice.org Writer sedangkan teman anda pasti menggunakan Microsoft Word. Kemudian teman anda meminta beberapa dokumen file yang harus anda ketikan dan harus anda simpan di disket untuk dibuka dirumahnya.
 Tentu anda tidak ingin mengecewakan teman anda karena mungkin anda sering ditolong olehnya. Anda tentu berjuang keras agar permintaan teman anda bisa terpenuhi dan anda mengetikannya dengan sangat hati-hati agar hasilnya tidak berantakan. Akhirnya, pengetikan anda selesai dan segera menyimpannya ke dalam disket sesuai permintaan teman anda. Tentu anda merasa lega karena upaya anda telah berhasil dan segera dengan perasaan senang,  anda ingin menunjukan hasil ketikan itu kepada teman anda dengan membawa sebuah disket itu  ke rumahnya.
 Sesampainya dirumah teman anda, dengan bangga anda membuka program  Microsoft Office Word di komputernya dan membuka file ketikan yang berada di disket anda. O..ou.. ternyata, berkali-kali anda mencoba membuka file ketikan itu namun tidak bisa-bisa juga. Malah saking bingungnya dan biar enggak malu,  anda mulai menuduh teman anda kalau-kalau komputernya ada virusnya.
 Kejadian seperti itu bisa terjadi apabila anda mengetikan dokumen dengan menggunakan OpenOffice.org Writer, namun saat menyimpan anda lupa merubah tipe penyimpanan file dengan tipe Microsoft Word 97/2000/XP (*.doc). Karena secara standar,  OpenOffice.org Writer menyimpan file dengan tipe  OpenOffice.org 1.0 Text Document (*.sxw). Supaya anda enggak repot-repot lagi mengunta-ganti tipe file dokumen saat menyimpan dan membuat suatu tipe standar penyimpanan file, anda wajib mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka aplikasi  OpenOffice.org Writer dengan cara klik [K Menu]>[Office]>[ OpenOffice.org Writer ].
2. Sesudah  aplikasi  OpenOffice.org Writer terbuka, kemudian anda klik [Tools]>[Options...].
3. Anda akan melihat jendela Options  dan Lakukan sekali klik pada tanda [+] Load/Save atau klik ganda pada kata Load/Save tersebut.
4. Pilihlah General dan perhatikan pada Default file format berisi pilihan untuk menetapkan tipe standar penyimpanan file yaitu Always save as. Kemudian anda klik kotak panjang dibawahnya dan pilihlah tipe Microsoft Word 97/2000/XP. Klik [OK].

 Sekarang anda tidak perlu lagi repot-repot mengunta-ganti tipe file dokumen saat menyimpan karena secara standar file tersebut akan disimpan dalam format Microsoft Word 97/2000/XP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar